Pentingnya Profil Roasting Kopi

Dalam menikmati kopi, ada satu hal yang penting yaitu profil panggangan (profil roasting). Ada beberapa macam jenis profil panggangan kopi, mulai dari panggangan medium sampai dark. Bagaimana rasa kopi, atau keasamannya (acidiy) dapat ditentukan oleh biji kopi itu sendiri, namun pengaruh terbesar adalah dari profil panggangan yang dipilih oleh roaster. 

Source: http://s2.hubimg.com

Mudahnya, semakin sedikit waktu yang diperlukan saat memanggang kopi maka kopi akan berwarna lebih cerah, biasanya menghasilkan acidity (keasaman) yang tinggi, semakin lama waktu memanggang maka kopi akan berwarna gelap (dark) biasanya akan menghasilkan acidity yang rendah. 
Untuk menikmati kopi secara optimal, maka profil panggangan sebaiknya disesuaikan dengan alat seduh yang akan kita gunakan. Jika kita membuat espresso, mungkin profil panggangan yang akan kita pakai berbeda dibanding jika kita menggunakan teknik tubruk atau pour over dengan V60. Kopi arabika yang dipanggang dengan profil medium light tentunya tidak akan cocok jika digunakan sebagai dasar pembuatan minuman cappucino, karena rasa asamnya yang tinggi. 
Memilih profil roasting sesuai kebutuhan dan teknik seduh favorit kita sangat dianjurkan. Ini agar menghasilkan rasa yang optimal. Tapi tentu saja semua kembali lagi ke selera kita sebagai penikmat kopi.   



Komentar

Postingan Populer